Most Recent

Makalah tentang toleransi



MENGEMBANGKAN SIKAP TOLERANSI

DALAM RANGKA

MEMPERERAT HUBUNGAN

ANTAR UMAT MANUSIA

Oleh :

KELOMPOK 2

1. Kadek Ayu Riska Iswari ( 22)

2. Putu Ayu Nirmala Indrasari ( 18)

3. I Wayan Widya Dharma ( 38)

4. I Wayan Sumantra ( 32)

5. Ni Ketut Mudiantari ( 16)

6. I Gusti Ayu Widiani ( 36)

7. Ni Ketut Ratna Wiyantini ( 21)

8. Ni Komang Sariasih ( 23)

SLTP NEGERI 2 SELAT

TAHUN PELAJARAN 2009-2010

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Budi Pekerti berarti sikap dan prilaku yang baik. Sifat-sifat yang baik akan mendatangkan kebaikan dan sebaliknya hal yang buruk akan menghasilkan keburukan pula. Oleh karena itu kita perlu menjunjung tinggi nilai budi pekerti yang luhur. Ajaran budi pekerti menuntut kita agar selalu berbuat kebaikan, kebenaran, serta memupuk keharmonisan gubungan manusia dengan tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan lingkungan, yang sering disebut dengan konsep tri hita karana. Salah satu bagian dari konsep tri hita karana adalah hubungan manusia dengan manusia. Hal ini sangat perlu dilakukan oleh umat manusia, karena manusia sebagai makhluk social yang membutuhkan adanya hubungan dengan manusia lainnya, hal ini dilakukan bertujuan untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Maka dari itu sangat perlu usaha manusia untuk mewujudkan hubungan yang harmonis antar umat manusia.Salah satu caranya yaitu mengembangkan sikap Toleransi.

1.2 Rumusan Masalah

1. Apakah pengertian dari Toleransi dan kaitannya dengan toleransi antar umat beragama.

2. Mengapa sikap toleransi sangat perlu dikembangkan dikehidupan sehari-hari.

3. Apakah hubungan toleransi dengan upaya mempererat hubungan manusia dengan manusia.

1.3 Tujuan

1. Untuk mengetahui secara detail apa itu toleransi.

2. Untuk mengetahui pentingnya sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari.

3. Untuk kita ketahui apa peran toleransi dalam upaya
mempererat hubungan manusia dengan manusia.

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Toleransi

Toleransi berasal dari kata “ Tolerare ” yang berasal dari bahasa latin yang berarti dengan sabar membiarkan sesuatu. Jadi pengertian toleransi secara luas adalah suatu sikap atau perilaku
manusia yang tidak menyimpang dari aturan, dimana seseorang menghargai atau menghormati setiap tindakan yang orang lain lakukan. Toleransi juga dapat dikatakan istilah dalam konteks sosial budaya dan agama yang berarti sikap dan perbuatan yang melarang adanya deskriminasi terhadap kelompok-kelompok yang berbeda atau tidak dapat diterima oleh mayoritas dalam suatu masyarakat. Contohnya adalah toleransi beragama dimana penganut mayoritas dalam suatu masyarakat mengizinkan keberadaan agama-agama lainnya. Istilah toleransi juga digunakan dengan menggunakan definisi “kelompok” yang lebih luas , misalnya partai politik, orientasi seksual, dan lain-lain. Hingga saat ini masih banyak kontroversi dan kritik mengenai prinsip-prinsip toleransi baik dari kaum liberal maupun konservatif. Jadi toleransi antar umat beragama berarti suatu sikap manusia sebagai umat yang beragama dan mempunyai keyakinan, untuk menghormati dan menghargai manusia yang beragama lain.

Dalam masyarakat berdasarkan pancasila terutama sila pertama, bertaqwa kepada tuhan menurut agama dan kepercayaan masing-masing adalah mutlak. Semua agama menghargai manusia maka dari itu semua

umat beragama juga wajib saling menghargai. Dengan demikian antar umat beragama yang berlainan akan terbina kerukunan hidup.

2.2 Sikap Toleransi Sangat Perlu Dikembangkan

Sikap toleransi sangat perlu dikembangkan karena :

a. Karena kita sebagai makhluk social, tidak bisa lepas dari bantuan rang lain. Jadi sikap toleransi itu sangatlah perlu dilakukan , sebagai makhluk social yang memerlukan bantuan terlebih dahulu maka kitalah yang hendaknya terlebih dahulu mengembangkan sikap toleransi itu, sebelum orang lain yang bertoleransi kepada kita . jadi jika kita memerlukan bantuan orang lain, maka dengan tidak ragu lagi orang itu pasti akan membantu kita, karena terlebih dahulu kita sudah membina hubungan baik dengan mereka yaitu saling bertoleransi

b. Sikap toleransi akan menciptakan adanya kerukunan hidup. Jika dalam suatu masyarakat masing - masing individu tidak yakin bahwa sikap toleransi akan menciptakan adanya kerukunan, maka bisa dipastikan jika dalam masyarakat tersebut tidak akan tercipta kerukunan. Sikap toleransi dapat diartikan pula sebagai sikap saling menghargai, jika kita sudah saling menghargai otomatis akan tercipta kehudupan yang sejahtera.

2.3 Hubungan Toleransi Dalam Upaya Mempererat Hubungan Manusia Dengan Manusia

Disini terlihat jelas bahwa upaya untuk mempererat hubungan manusia dengan manusia tidak bisa lepas dari usaha toleransi, karena seperti apa yang sudah kita ketahui bahwa sikap toleransi sama pengertiannya dengan saling menghormati dan menghargai satu sama lain dan saling gotong royong membantu masyarakat lainnya.

Kehidupan gotong royong dapat kita lihat baik dari lingkungan didesa maupun kota. Sebagai contohnya : Jika ada anggota keluarga yang meninggal dunia, tanpa diundang tetangga - tetangga pasti akan datang turut berbelasungkawa. Hal tersebut sudah menunjukkan bahwa sudah terjalinnya sikap toleransi dalam bermasyarakat.

Adapun hidup saling membantu dan tolong menolong antar sesama umat manusia dengan penuh tenggang rasa bersumber dari rasa kemanusiaan dan merupakan perbuatan yang luhur.

Maka dari itu dapat ditarik kesimplan bahwa toleransi sangat erat hubungannya dengan usaha menpererat hubungan manusia dengan manusia, karena adanya toleransi dalam kehidupan sehari-hari akan tercipta kehidupan yang harmonis, sejahtera an damai.

BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Dari pembahasan di bab II kami dapat menarik kesimpulan :

a. Bahwa pengertian toleransi adalah sikap tenggang rasa atau sikap lapang dada yang berarti suka rukun dengan siapapun, dan tidak menyimpang dari aturan dimana seseorang harus saling menghargai dan saling menghormati.

b. Toleransi sangat berpengaruh pada kehidupan sehari-hari untuk menjalin hubungan yang harmonis, rukun dan sejahtera.

c. Toleransi mempunyai hubungan yang sangat erat dalam upaya mempererat hubungan manusia dengan manusia .

3.2 Saran

Saran kami sebagai penulis adalah :

1. Perlunya sikap toleransi yang harus kita kembangkan dalam kehidupan beragama, maupun bermasyarakat agar mencapai kehidupan harmonis, rukun dan sejahtera.

DAFTAR PUSTAKA

Salin, I Made dkk.2009. Pengembangan Materi Budi Pekerti. Denpasar : Dwi Jaya Mandiri.

Sri Suryati, Ni Luh dkk. 2008. Panduan Budi Pekerti. Denpasar : Dwi Jaya Mandiri.

Id.wikipedia.org/wiki/Toleransi.

Makalah tentang toleransi Makalah tentang toleransi Reviewed by Sueca Arimbawa on 19.45 Rating: 5

7 komentar:

  1. "SALAM BLOGGER INDONESIA"

    BalasHapus
  2. makalah yg bagus, sistematis banget

    BalasHapus
  3. @ima nurhalida

    Maksih kawan, kunjung lagi ke blog q yah..

    BalasHapus
  4. Makalah yg bagus bngt, dan memperluas wawasan

    BalasHapus
  5. Thanks Buat Temen gua yang di carii

    BalasHapus

Berkomentarlah sesuka hati anda, keluarkanlah unek-unek anda tentang isi artikel blog saya ini. tapi jangan sepaming, berkata kotor, dll yang berhubungan dengan kekerasan dan pelecehan. "SALAM BLOGGER INDONESIA"

Blogger yang baik, adalah blogger yang berkomentar baik"

Flickr Widget

Diberdayakan oleh Blogger.